Hubungan Manajemen Diri Dengan Minat Belajar Kimia Peserta Didik Sman Bernas Binsus Riau
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: ada tidaknya hubungan antara
manajemen diri dengan minat belajar kimia peserta didik SMAN Bernas Binsus
Riau. Populasi penelitian ini adalah peserta didik SMAN Bernas Binsus Riau
peminatan MIPA yang berjumlah 12 kelas dengan kelas X yang berjumlah 4 kelas,
kelas XI yang berjumlah 4 kelas dan kelas XII yang berjumlah 4 kelas. Sampel
terdiri dari 63 peserta didik kelas XII MIPA dan teknik pengambilan sampel yang
digunakan yaitu purposive sampling. Teknik pengambilan data pada penelitian ini
adalah non tes dengan instrumen yang berupa angket. Teknik analisis data yang
digunakan adalah uji korelasi. Penelitian ini menggunakan uji prasyarat analisis
yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji
korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat
hubungan yang signifikan antara manajemen diri dengan minat belajar kimia
peserta didik SMAN Bernas Binsus Riau dengan hasil signifikansi 0,000 dan nilai
korelasi yaitu 0,683 dengan tingkat hubungan kuat.
Collections
- Chemistry Education [324]