Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Motivasi Belajar Kimia Siswa Kelas Xii Sma Negeri 2 Ciamis
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan
yang signifikan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar kimia siswa kelas
XII SMA Negeri 2 Ciamis. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi
dari penelitian ini adalah seluruh kelas XII SMA Negeri 2 Ciamis sebanyak 276
responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah voluntary
sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA
SMA Negeri 2 Ciamis dengan jumlah responden sebanyak 213. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan teknik non tes berupa lembar
angket kecerdasan emosional dan motivasi belajar kimia. Teknis analisis data
dilakukan dengan menggunakan uji statistika non parametrik dengan uji
spearman. Uji hipotesis dengan uji spearman dan dihasilkan nilai signifikansi
sebesar 0,000 serta nilai koefisien korelasi sebesar 0,581. Dari hasil penelitian ini
dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara kecerdasan
emosional dengan motivasi belajar kimia siswa.
Collections
- Chemistry Education [324]