Pemilihan Mitra Pemasok Komoditas Kepiting Soka Menggunakan Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus : Cv. Samudra Suskes Nusantara)
Abstract
CV Samudra Sukses Nusantara merupakan perusahaan yang bergerak di industri ekspor
hasil perikanan, dimana salah satu produk unggulannya adalah kepiting soka. Kebutuhan
akan kepiting soka untuk setiap bulannya mencapai hingga tiga ton. Saat ini CV. Samudra
Sukses Nusantara sudah mempunyai delapan supplier dari petani kepiting soka yaitu
Hendra, Maskur, Lilis, Bandara, Hakim, Rani, Yanda dan Iwan. Untuk menjaga
kontinuitas dan kualitas suatu produk perlu diadakannya pemilihan mitra dari para
supplier. Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dapat membantu untuk
menentukan pemilihan mitra yang dibutuhkan perusahaan. Pemilihan calon mitra ini
berdasarkan empat kriteria yang telah ditentukan oleh expert yaitu kualitas, pengiriman,
lokasi dan layanan. Serta ada tujuh sub kriteria yaitu kelengkapan, tekstur, dan segar dari
kriteria kualitas, lalu ada ketepatan waktu dan kesanggupan jumlah dari kriteria
pengiriman, dan terakhir ada lahan sendiri dan memiliki izin budidaya dari kriteria lokasi.
Dari hasil analisis dengan pendekatan AHP didapatkan hasil dengan kualitas sebagai
kriteria yang mempunyai bobot paling tinggi yaitu 0,5351, dan calon mitra yang terpilih
yaitu Maskur dengan nilai sebesar 0,1560.
Collections
- Industrial Engineering [2240]