Pengaruh Brand Equity Dan Aksesibilitas Layanan Mobile Banking Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderating
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk membuktikan pengaruh brand equity dan
aksesibilitas layanan mobile banking terhadap loyalitas nasabah pada Bank Syariah Indonesia
dengan religiusitas sebagai variabel moderating. Variabel independen pada penelitian ini
terdiri dari brand equity dan aksesibilitas. Variabel dependen pada penelitian ini yaitu
loyalitas nasabah. Variabel moderasinya adalah religiusitas. Penelitian ini menggunakan
metode kuantitatif dengan data yang diambil dari data primer. Sampel pada penelitian ini
berjumlah 253 responden diperoleh dari mahasiswa Yogyakarta yang merupakan pengguna
Bank Syariah Indonesia yang pernah menggunakan layanan BSI Mobile dan kebetulan
ditemui peneliti serta bersedia untuk menjadi responden. Pengumpulan data ini dilakukan
dengan menggunakan kuesioner. Pengumpulan sampel dengan teknik convinience sampling
ini bertujuan untuk menentukan sampel dalam perspektif tertentu yakni mengambil secara
acak dan sewenang-wenang, selama masih memenuhi kriteria sebagai mahasiswa dan
merupakan pengguna Bank Syariah Indonesia. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan
regresi linier berganda dengan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa brand equity berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas
nasabah, aksesibilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah,
religiusitas tidak mampu memperkuat pengaruh brand equity terhadap loyalitas nasabah dan
religiusitas tidak mampu memperkuat aksesibilitas terhadap loyalitas nasabah.
Collections
- Akuntansi [4424]