Optimalisasi Media Sosial Instagram Lembaga Wakaf Uang Unisia
Abstract
Lembaga Wakaf Uang UNISIA merupakan lembaga baru yang berfokus pada
penghimpunan dan pengelolaan Wakaf Uang. Untuk mengumpulkan dana wakaf
uang yang selanjutnya akan didistribusikan untuk kemaslahatan umat, LWU
UNISIA melakukan berbagai sosialisasi dengan tujuan untuk memperkenalkan diri
kepada masyarakat luas. Media Sosial Instagram merupakan salah satu alternative
LWU UNISIA dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat luas. Sampai saat
ini LWU UNISIA terus melakukan sosialisasi dengan cara membuat konten-konten
dalam bentuk desain gambar yang membahas mengenai LWU UNISIA maupun
Wakaf Uang, sampai saat ini sudah ada 101 konten yang sudah di unggah di media
sosial Instagram LWU UNISIA dengan 190 pengikut. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk menganalisis bagaimana LWU UNISIA mengoptimalkan penggunaan
media sosial Instagram untuk mensosialisasikan LWU UNISIA kepada pengguna
Instagram. Pengumpulan data melalui observasi dan juga wawancara kepada ketua
LWU UNISIA, Wakif yang sudah berwakaf uang di LWU UNISIA, devisi
HUMAS LWU UNISIA, dan pengguna Instagram. Penelitian berbentuk kualitatif
deskriptif. Adapun hasil dari penelitian ini menemukan bahwa penggunaan media
sosial Instagram sebagai sarana untuk mensosialisasikan LWU UNISIA belum
optimal. Kurangnya pemanfaatan fitur yang telah disediakan Instagram ditambah
lambatnya perkembangan akun media sosial @lwu.unisia, membuktikan bahwa
pengelolaan media sosial belum optimal.
Collections
- Islamic Economics [827]