Analisis Aspek Penentu Niat Konsumen Dalam Membeli Produk Bakery Halal
Abstract
Indonesia merupak:an negara dengan populasi umat Islam terbanyak: di dunia.
Banyak:nya jumlah penduduk muslim di Indonesia mendorong peningkatan konsumsi
mak:anan halal pada masyarak:at. Produk bakery merupak:an salah satu industri
mak:anan yang berkembang pesat di Indonesia, ak:an tetapi produk bakery memiliki
titik kritis keharaman pada bahan tambahan dalam pembuatannya sehingga sulit untuk
memutuskan apak:ah produk tersebut halal atau tidak:. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh religious belief, halal awareness, subjective norm, halal
certification dan halal marketing terhadap niat beli produk bakery pada masyarak:at
mu slim. Data diperoleh melalui kuesioner online yang diisi oleh 100 responden.
Metode yang digunak:an untuk mengolah data yaitu Structural Equation Model•
Partial Least Square (SEM-PLS) pada software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa variabel religious belief, halal awareness dan halal marketing
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat beli produk bakery dengan nilai T•
statistic sebesar 2,708, 2,443 dan 3,070. Sedangkan variabel subjective norm dan
halal certification tidak: memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat beli produk
bakery, ditunjukkan dengan nilai T-statistic sebesar 1,669 dan 1,135.
Collections
- Industrial Engineering [2224]