Pengaruh Penambahan Limbah Tetes Tebu (Molase) Terhadap Kekuatan Beton Berserat Polypropylene (The Effect Of Adding Sugar Cane Waste (Molase) To Strength Of Concrete With Polypropylene Fiber)
Abstract
Beton merupakan salah satu material yang banyak digunakan dalam pekerjaan
konstruksi bangunan modern. Sistem konstruksi beton memiliki kuat tekan yang
tinggi namun beton juga memiliki kelemahan dalam menahan gaya tarik dan bersifat
getas. Penggunaan serat polypropylene pada beton diharapkan dapat meningkatkan
kekuatan beton dalam menahan gaya tarik sehingga beton menjadi daktail.
Penambahan serat pada beton juga dapat menurunkan tingkat kelecakan
(workability) pada beton. Salah satu alternatife bahan tambah untuk meningkatkan
kelecakan beton yaitu menambahkan molase atau sering disebut dengan tetes tebu
pada campuran beton.
Dalam penelitian ini penambahan bahan tambah tetes tebu bertujuan untuk
mengetahui kadar optimum penambahan tetes tebu terhadap kuat tekan dan kuat tarik
belah beton dengan menambahkan limbah tetes tebu dengan variasi 0%, 0,05%,
0,1%, 0,15%, 0,20%, 0,25%, 0,3%, dan 0,35% terhadap berat semen dengan umur
beton setelah 28 hari. Benda uji yang digunakan dalam penelitian ini yaitu silinder
beton dengan ukuran diameter 15 cm dan tinggi 30 cm yang diuji setelah umur 28
hari. Perencanaan campuran beton menggunakan metode SNI 03-2834-2000 dengan
kuat tekan rencana 20 MPa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan limbah tetes tebu
menyebabkan peningkatan kelecakan beton bertambah dengan nilai slump yang
meningkat dari 8 cm sampai 14 cm seiring dengan penambahan tetes tebu. Kuat tekan
beton optimum terdapat pada penambahan tetes tebu 0,05% sebesar 25,457 MPa
meningkat sebesar 19,436% terhadap beton normal. Nilai kuat tarik belah beton
terbesar terdapat pada varian 0,25% yaitu sebesar 1,976 MPa atau meningkat
sebesar 26,677% dari beton normal. Nilai modulus elastisitas beton optimum terdapat
pada varian tetes tebu 0,20% sebesar 26182,179 MPa atau meningkat 32,27% dari
beton normal.
Collections
- Civil Engineering [4228]