Learning Accounting Information System With Monsoonsim At Department Of Accounting Universitas Islam Indonesia
Abstract
Institusi pendidikan di seluruh dunia sedang bergerak menuju penerapan experiential learning
menggunakan game simulasi untuk meningkatkan pemahaman siswa. MonsoonSIM adalah
simulasi game berbasis web yang menawarkan pemain untuk merasakan simulasi menjalankan
bisnis secara real time. Simulasi game ini memiliki modul yang cocok untuk pemula seperti
Finance (FIN), Warehouse & Logistics (WHS), Human Capital Management (HCM), Service
(SRV), Wholesale (B2B), Retail (RTL), Forecasting (FCS), Marketing ( MKT), dan
Maintenance (MNT). Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi
pemahaman siswa terhadap mata kuliah Sistem Akuntansi Informasi. Berdasarkan 102 sampel
responden mahasiswa UII pengguna MonsoonSIM dan sudah pernah mengambil mata kuliah
AIS dengan metode convenience sampling yang digunakan, hasil analisis jalur menunjukkan
bahwa Persepsi Kegunaan, Kondisi Memfasilitasi, Pengaruh Sosial, dan Kompetensi AIS
Mahasiswa memiliki pengaruh signifikan positif terhadap Hasil Belajar Persepsi Siswa.
Sebaliknya Persepsi Kemudahan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Persepsi
Hasil Belajar Siswa dan Persepsi Kenikmatan berpengaruh negatif terhadap Hasil Belajar
Siswa. Penelitian ini penting bagi para sarjana dalam memahami faktor-faktor yang
mempengaruhi hasil belajar siswa dari penggunaan simulasi permainan. Selain itu, penelitian
ini turut mendorong penggunaan simulasi game di FBE UII dan institusi pendidikan di
Indonesia.
Collections
- Akuntansi [4414]