Penanaman Kemandirian Pada Anak Batita (1-3 Tahun) Melalui Aktivitas Montessori At Home
Abstract
Kemandirian pada anak seringkali masih di anggap hal yang tabu. Hal ini
berdasarkan apa yang peneliti amati di Desa Sidodadi, lampung.Para orang tua
menganggap bahwa anak cukup berada di pangkuan orang tuanya saja tanpa
melakukan aktivitas yang dapat melatih perkembangan kemandirian anak.
Sedangkan usia 1-3 tahun termasuk dalam usia emas yang perkembangannya tidak
serta merta datang dengan sendirinya melainkan perlu di latih dan di rangsang
dengan berbagai aktivitas salah satunya dengan metode montessori at home. Karena
metode tersebut Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara
penanaman kemandirian melalui Aktivitas Montessori at Home oleh Ibu-ibu
dengan Anak Batita 1-3 Tahun di Desa Sidodadi, Lampung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods melalui penelitian
lapangan. Data yang di dapat di sajikan dalam bentuk deskriptif. Dalam
menentukan informan, peneliti menggunakan teknik purposive sampling.
Sedangkan untuk Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Untuk dapat mengetahui hasil dari penelitian ini, penulis melakukan uji
hipotesis melalui T-test yang menunjukan nilai P value lebih rendah dari 0,05. Ttest
yang
di
gunakan
adalah
two
sample
assuming
equal
variances
dengan
nilai
one
tail
0,000399692 dan two tail 0.000799385. Menandakan bahwa hasil hipotesis
signifikan dengan adanya perbedaan dan perubahan setelah penerapan montessori
at home
Collections
- Islamic Education [918]