Dampak Pembelajaran Fiqih Terhadap Aktifitas Ibadah Siswa Kelas Vii Di Mtsn 2 Pesawaran Kota Lampung
Abstract
Perkembangan teknologi yang semakin berkembang membuat generasi saat
ini beralih kepada gadget dan sosial media. Sehingga menyebabkan berdampak pada
aktifitas ibadah mereka. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti lakukan terkait
dengan dampak pembelajaran fiqih terhadap aktifitas ibadah siswa, peneliti melihat
sistem pembelajaran fiqih yang masih menggunakan 2 sesi, sesi pagi dan juga siang.
Peneliti menemukan suatu kejanggalan terhadap keadaan siswa yang ada di dalam
sekolah ketika mengikuti kegiatan sehari-hari khususnya dalam kegiatan peribadatan,
dengan melihat keadaan yang ada di sekolah tersebut. Masih ada siswa yang tidak
mengikuti kegiatan tersebut. Maka dari itu peneliti ingin mengkaji fenomena tersebut.
Fokus penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dampak pembelajaran fiqih
terhadap aktifitas ibadah siswa MtsN 2 Pesawaran kelas VII di kota Lampung.
Pendekatan yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif
dengan subjek penelitian kepala sekolah, guru mata pelajaran fiqih, dan juga siswa
MtsN 2 Pesawaran kelas VII. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, di mana
wawancara sebagai pokok dalam pengumpulan data pada penelitian ini.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya dampak yang besar dari
pembelajaran fiqih terhadap aktifitas ibadah siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil
wawancara dengan siswa ditemukannya dampak dari pembelajaran fiqih terhadap
aktifitas ibadah, siswa mengakui lebih giat melaksanakan sholat 5 waktu, dan juga
lebih memahami tentang hukum-hukum Islam.
Collections
- Islamic Education [863]