Show simple item record

dc.contributor.advisorKurniawan Dwi Saputra, Lc., M.Hum
dc.contributor.authorNAILA RIF’AH
dc.date.accessioned2022-10-27T08:01:15Z
dc.date.available2022-10-27T08:01:15Z
dc.date.issued2022-07-25
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/40028
dc.description.abstractKeterampilan literasi sangat penting dalam proses pendidikan seorang anak. Karena dalam proses belajar, seseorang membutuhkan keterampilan literasi untuk dapat menangkap makna atau pesan yang terkandung dalam sebuah bacaan. Dengan kemampuan literasi juga, seorang anak dapat terbiasa untuk mengimplementasikan makna dari literatur yang mereka baca, sehingga dapat menumbuhkan minat baca, kemampuan berpikir kritisnya dan terbentuk karakter dari pesan-pesan dalam setiap literatur yang dibaca. Akan tetapi, kemampuan litersi yang sangat penting tersebut masih rendah di SD N Donoharjo terutama kelas 3. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi program literasi di SD N Donoharjo, implikasinya terhadap minat baca, kemampuan berpikir kritis, dan pembentukan karakter siswa, serta faktor pendukung dan penghambat berjalanya program. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentu informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Dan analisis datanya menggunakan 3 tahap menurut Miles, Huberman, dan Saldana yang terdiri dari konsensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan implementasi program literasi di SD N Donoharjo dilakukan dengan tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Bentuk-bentuk kegiatan literasinya terdiri dari 30 menit kegiatan literasi sebelum pembelajaran, pojok baca, kunjungan perpustakaan, dan kegiatan literasi di luar kelas (my school my adventure). Selain itu, program literasi tersebut berimplikasi pada peningkatan minat baca, kemampuan berpikir kritis, dan pembentukan karakter siswa kelas 3 SD N Donoharjo. Hasil penelitian juga menunjukkan faktor pendukung berjalanya program yang terdiri dari; adanya program kampus mengajar, sarana prasarana, dan kerja sama guru. Juga ditemukan faktor penghambatnya yang terdiri dari; adanya pandemi dan kultur belajar siswa.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectProgram Literasien_US
dc.subjectMinat Bacaen_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kritisen_US
dc.subjectPembentukan Karakteren_US
dc.titleImplementasi Program Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca, Kemampuan Berpikir Kritis, Dan Pembentukan Karakter Siswa Kelas 3 Sdn Donoharjo Ngaglik Slemanen_US
dc.Identifier.NIM18422176


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record