Implementasi Pendidikan Profetik Dalam Membentuk Karakter Profetik Siswa Di Stp Khoiru Ummah Yogyakarta
Abstract
Melihat potret pendidikan dan moral generasi saat ini, semakin hari semakin
banyak perilaku biadab yang dipertontonkan. Sudah sepantasnya generasi muda
sadar bahwa di pundak mereka kelak akan diletakkan amanah memimpin ummat
dan membangun negeri. Dengan mengetahui implementasi pendidikan profetik ini,
diharapkan dapat memberikan wawasan dan pengetahuan baru bagi masyarakat
bahwa dalam pelaksanaan pendidikan profetik memuat pendidikan sebagaimana
yang telah digambarkan Rasulullah SAW. Oleh karena itu, masalah dalam
penelitian ini adalah: “Bagaimana implementasi dan hasil dari pendidikan profetik
dalam membentuk karakter profetik siswa di STP Khoiru Ummah Yogyakarta?”
Dalam penelitian ini, peneliti mengelompokkan menjadi tiga hal yaitu
1)penentuan variabel dan jenis data, 2)prosedur pengumpulan data, 3)metode
pembahasan dan penulisan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif
yang menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang peneliti
gunakan ialah metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi.
Populasi yang dijadikan subjek penelitian berjumlah 15 orang, sedangkan sampel
yang digunakan adalah 6 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling.
Dari data yang telah dikumpulkan, kemudian dianalisis dengan menggunakan teori
Miles dan Huberman yaitu: 1)reduksi data, 2)display data, dan 3)verifikasi dan
penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan, dapat
disimpulkan bahwa implementasi pendidikan profetik di STP Khoiru Ummah,
sudah terbukti mampu membentuk karakter profetik siswa. Hal ini dibuktikan
dengan adanya Buku KHS dan Buku Challenge Siswa. Anak-anak diajarkan untuk
meneladani amalan dan sifat-sifat Rasulullah SAW. Hasil dari implementasi
pendidikan profetik di STP Khoiru Ummah, dapat ditunjukkan melalui pola pikir
dan pola sikap yang terbentuk dari siswa-siswi Khoiru Ummah, yang mampu
menggunakan ilmunya sebagai solusi masalahnya.
Collections
- Islamic Education [863]