Persepsi Konsumen Terhadap Kehalalan Produk Kopi Kemasan (Studi Kasus Pada Produk Kopi Kemasan Di Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung)
Abstract
Perkembangan dalam penjualan kopi bubuk semakin hari semakin berkembang
yang pada mulanya hanya dilakukan dengan menjual biji kopi yang oleh konsumen
dilakukan penggilingan untuk menikmati kopi. Perkembangan yang terjadi pada
saat ini kopi bubuk sudah dijual dengan berntuk bubuk dengan kemasan yang
berukuran beragam. Kemajuan zaman membuat penjualan bubuk kopi sangat
bervariasi dengan mencampur bubuk kopi dengan bahan-bahan lain seperti jagung,
beras, ataupun garam yang bertujuan meminimalisir modal dan memperbesar
keuntungan. Penelitian yang peneliti lakukan pada kesempatan ini menggunakan
metode kualitatif dengan pengambian data yang bersumber dari penelitian lapangan
dengan meakukan wawancara pada informan di sekitar kabupaten Pringsewu.
Penelitian yang dilakukan dengan melakukan wawancara pada informan
melakukan pembahasan yang berfokus pada pemahaman informan terhadap makna
dari halal dan bagaimana Persepsi yang dipahami dan di rasakan oeh informan
mengenai kopi kemasan yang beredar di kabupaten Pringsewu. Hasil peneitian
menunjukan bahwa pemahaman informan terhadap kata halal dapat dikatakan baik
karena jika dibandingkan dengan makna yang dijelaskan para ulama memiliki inti
yang sama dan juga Persepsi informan memiliki dasar yang benar karena standar
yang diberikan pada informan dengan penjelasan melaui hadist ataupun pemaparan
yang diberikan oleh orang-orang yang berkompeten pada bidang tersebut.
Collections
- Islamic Law [646]