Upaya Guru Tpa Dalam Meningkatkan Kualitas Baca Tulis Al-Quran Di Tpa At-Taubah Desa Bugel, Kecamatan Krakitan, Kabupaten Klaten
Abstract
BTAQ ( Baca Tulis Al-Quran ) merupakan bagian dari Pendidikan Agama
Islam yang wajib diajarkan. Oleh sebab itu, seorang muslim dianjurkan dapat
membaca dan mengamalkan isi kandungan dalam Al-Quran untuk kehidupan
sehari-hari. Pada penerapannya TPA At-Taubah menggunakan metode Iqro untuk
membantu peserta diidk belajar membaca yang baik dan benar. Maka, penelitian
ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang upaya guru dalam meningkatkan
kualitas Baca Tulis Al-Quran, Hasil dan mengetahui faktor penghambat dan
pendukung dalam kegiatan Baca Tulis Al-Quran di TPA At-Taubah desa Bugel,
Kecamatan Krakitan, Kabupaten Klaten.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif kualitatif. subyek dalam penelitian ini adalah santri, ustadzah, dan wali
santri. Objek penelitian ini berupa upaya guru untuk meningkatkan kualitas baca
tulis Al-Quran. Teknik pemilihan informan menggunakan Teknik Pusposive
Sampling merupakan penentuan sumber berdasarkan pertimbangan tertentu.
Teknik pengumpulan data menggunakan metode Observasi, Wawancara dan
Dokumentasi.
Dari penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan kualitas
baca tulis Al-Quran sudah cukup berhasil untuk dapat membangun kualitas pada
bacaan Al-Quran santri , Hasil dari upaya guru dalam meningkatkan kualitas baca
tulis Al-Quran, Faktor penghambat, terdiri dari lingkungan rumah yang kurang
kondusif, konsentrasi belajar santri yang kurang antusias dan kurang semangat,
keterbatasan fisik, dukungan orang tua, dan Faktor Pendukung meliputi adanya
kerjasama antar guru dan walisantri yang diadakan 1 bulan sekali sebagai bahan
evaluasi .
Collections
- Islamic Education [863]