Dukungan Sosial Dan Academic Burnout Pada Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dan
academic burnout pada mahasiswa. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat
hubungan negatif antara dukungan sosial dan academic burnout pada mahasiswa.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Subjek dalam
penelitian ini merupakan mahasiswa psikologi berjumlah 23 laki-laki dan 114
perempuan. Pengukuran variabel academic burnout dalam penelitian ini
menggunakan skala Maslach Burnout Inventory-Student Survey (MBI-SS) oleh
Schaufeli et al. (2002), pengukuran variabel dukungan sosial menggunakan skala
Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) oleh Zimet et al.
(1988). Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik uji korelasi
Pearson. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan negatif yang signifikan
antara dukungan sosial dengan academic burnout (r=-0.353, p<0.05), yang artinya
hipotesis penelitian diterima.
Collections
- Psychology [2174]