Peran Guru Dalam Penguatan Karakter Religius Siswa Kelas 6 Sdn 2 Dempel Kecamatan Kalibawang Kabupaten Wonosobo
Abstract
Latar belakang penelitian ini ialah merosotnya moral anak – anak dan
kalangan remaja yang disebabkan oleh pemanfaatan teknologi yang urang tepat.
Selain itu, kurangnya perhatian orang tua dan pengaruh lingkungan, membuat
perilaku anak menjadi kurang baik. Dengan kondisi seperti ini guru SDN 2 Dempel
Kecamatan Kalibawang Kabupaten Wonosobo harus berupaya untuk memperkuat
karakter siswanya agar memiliki pondasi yang kuat saat memasuki bangku SLTP.
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis peran guru SDN 2 Dempel sebagai
teladan dalam penguatan karakter religius dan mengetahui bagaimana perilaku
siswa kelas 6 dalam meneladani guru untuk menguatkan karakter religius.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menganalisis data
diskriptif berupa kata-kata atau pengamatan dari subjek penelitian. Lokasi
penelitian bertempat di SDN 2 Dempel Kecamatan Kalibawang Kabupaten
Wonosobo. Teknik penentuan informan, menggunakan purposive sampling. Teknik
pengambilan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Kemudian teknik analisis data dilakukan dengan cara koreksi data, reduksi data,
penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian yang Pertama, Guru SDN 2 Dempel dapat dikatakan sudah
mampu menjalankan perannya dalam proses penguatan karakter religius untuk
siswa kelas 6. Guru selalu meberikan arahan, nasihat dan sering kali mencontohkan
perilaku terpuji serta tindakan beribadah. Kegiatan yang dilaksanakan ialah
membaca asmaul husna setiap pagi, hafalan surat pendek setiap seminggu sekali
dan program jum’at beramal. Upaya guru sebagai teladan sudah terlaksana
meskipun belum maksimal kareka terkendala waktu pembelajaran yang terbatas.
Kedua, respon siswa dalam meneladani guru tentu menerimanya dengan baik. Pada
dasarnya siswa memiliki perilaku yang baik, namun mudah terpengaruh oleh teman
ataupun lingkungannya yang menyebabkan siswa kembali lagi untuk bersikap tidak
baik.
Collections
- Islamic Education [882]