Pengembangan Media Game Edukasi Storyline Of Chemistry (Strochem) Berbasis Android Pada Materi Asam Basa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran STROCHEM
berbasis Android dan mengetahui kelayakannya. Media pembelajaran STROCHEM
dikembangkan dengan mengadaptasikan model 4D yang mana menggunakan 3 tahapan
pengembangan yaitu Define, Design, dan Develop. Penelitian ini menggunakan
instrumen kuesioner analisis kebutuhan dan instrumen penilaian kelayakan produk.
Instrumen kuesioner analisis kebutuhan ditujukan untuk guru dan peserta didik yang
dibuat untuk mengetahui permasalahan dan kebutuhan yang dialami oleh guru dan
peserta didik pada proses pembelajaran di sekolah. Subjek pada penelitian
pengembangan ini adalah guru dan peserta didik SMA Negeri 1 Kumai dan SMA
Negeri 2 Kumai. Guru pada penelitian pengembangan ini adalah Guru Mata Pelajaran
Kimia SMA Negeri 1 Kumai dan SMA Negeri 2 Kumai. Peserta didik pada penelitian
pengembangan ini berjumlah 22 anak dari jurusan MIPA. Instrumen penilaian
kelayakan produk digunakan untuk menilai kelayakan produk yang dilakukan oleh ahli
materi dan ahli media. Hasil penilaian kelayakan produk oleh ahli materi dan ahli media
didapatkan skor rata-rata sebesar 52,5 dan mendapatkan kategori Sangat Baik (SB),
hasil penilaian kelayakan produk oleh guru didapatkan skor rata-rata sebesar 55 dan
mendapatkan kategori Sangat Baik (SB), hasil penilaian kelayakan produk oleh peserta
didik didapatkan skor rata-rata sebesar 35,14 dan mendapatkan kategori Sangat Baik
(SB), sehingga dapat dinyatakan layak sebagai media pembelajaran bagi peserta didik
SMA dalam memahami materi asam basa.
Collections
- Chemistry Education [326]