Analisis Beban Kerja Guru Saat Pandemi Covid-19 Dengan Metode Nasa-Tlx, Objective Matrix (Omax), Dan Stregth, Weakness, Opportunity, Threats (Swot) Sebagai Upaya Meningkatkan Produktivitas Kinerja Guru (Studi Kasus: Mts Negeri 1 Klaten)
Abstract
Covid-19 menyebabkan adanya kebijakan baru khususnya bagi dunia pendidikan yakni
pembelajaran dengan sistem jarak jauh. Sistem baru tersebut, memberikan tantangan baru
bagi guru karena perlu beradaptasi dengan penggunaan teknologi, proses tersebut
membuat stres dalam pelaksanaannya sehingga menimbulkan dampak psikologis dan
stres kerja. Sehingga perlu dilakukan perhitungan beban kerja menggunakan metode
NASA-TLX dan produktivitas kinerja guru menggunakan metode Objective Matrix
(OMAX). Sehingga dapat menentukan strategi sebagai upaya perbaikan untuk
menghadapi sistem yang baru menggunakan analisis SWOT. Beban kerja mental guru
pada pembelajaran daring terdapat 1 guru pada kategori agak tinggi, 37 guru pada
kategori tinggi, dan 4 guru pada kategori sangat tinggi. Pada Pembelajaran Tatap Muka
(PTM) Terbatas terdapat 16 guru pada kategori agak tinggi dan 26 guru pada kategori
tinggi. Hasil perhitungan OMAX dari 42 sampel, terdapat 39 guru mengalami penurunan
produktivitas dan 3 guru tidak mengalami penurunan maupun kenaikan produktivitas
sehingga dapat dikatakan penurunan produktivitas sebesar 92,85%. Hasil Analisis SWOT
sebagai strategi dalam upaya perbaikan antara lain meningkatkan kompetensi guru dan
murid dalam penggunaan teknologi dengan cara memberikan seminar atau workshop
pada guru dan murid, guru bekerjasama dengan orang tua murid dalam pengawasan
selama proses pembelajaran daring, dan melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap
kinerja guru untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi guru saat melakukan
pembelajaran daring serta dapat memberikan solusi.
Collections
- Industrial Engineering [2240]