Show simple item record

dc.contributor.advisorMuhammad Ragil Suryoputro S.T., M.Sc.
dc.contributor.authorDYAH AMRINA ROSYADA
dc.date.accessioned2022-09-30T03:57:47Z
dc.date.available2022-09-30T03:57:47Z
dc.date.issued2022-05-01
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/39534
dc.description.abstractCovid-19 menyebabkan adanya kebijakan baru khususnya bagi dunia pendidikan yakni pembelajaran dengan sistem jarak jauh. Sistem baru tersebut, memberikan tantangan baru bagi guru karena perlu beradaptasi dengan penggunaan teknologi, proses tersebut membuat stres dalam pelaksanaannya sehingga menimbulkan dampak psikologis dan stres kerja. Sehingga perlu dilakukan perhitungan beban kerja menggunakan metode NASA-TLX dan produktivitas kinerja guru menggunakan metode Objective Matrix (OMAX). Sehingga dapat menentukan strategi sebagai upaya perbaikan untuk menghadapi sistem yang baru menggunakan analisis SWOT. Beban kerja mental guru pada pembelajaran daring terdapat 1 guru pada kategori agak tinggi, 37 guru pada kategori tinggi, dan 4 guru pada kategori sangat tinggi. Pada Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas terdapat 16 guru pada kategori agak tinggi dan 26 guru pada kategori tinggi. Hasil perhitungan OMAX dari 42 sampel, terdapat 39 guru mengalami penurunan produktivitas dan 3 guru tidak mengalami penurunan maupun kenaikan produktivitas sehingga dapat dikatakan penurunan produktivitas sebesar 92,85%. Hasil Analisis SWOT sebagai strategi dalam upaya perbaikan antara lain meningkatkan kompetensi guru dan murid dalam penggunaan teknologi dengan cara memberikan seminar atau workshop pada guru dan murid, guru bekerjasama dengan orang tua murid dalam pengawasan selama proses pembelajaran daring, dan melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap kinerja guru untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi guru saat melakukan pembelajaran daring serta dapat memberikan solusi.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectpembelajaran daringen_US
dc.subjectbeban kerjaen_US
dc.subjectNASA-TLXen_US
dc.subjectOMAXen_US
dc.subjectSWOTen_US
dc.titleAnalisis Beban Kerja Guru Saat Pandemi Covid-19 Dengan Metode Nasa-Tlx, Objective Matrix (Omax), Dan Stregth, Weakness, Opportunity, Threats (Swot) Sebagai Upaya Meningkatkan Produktivitas Kinerja Guru (Studi Kasus: Mts Negeri 1 Klaten)en_US
dc.Identifier.NIM18522111


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record