Hubungan Antara Kemandirian Belajar Dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Cawas Pada Pembelajaran Kimia Tahun Pelajaran 2021/2022
Abstract
Penelitian ini dilakukan unutuk mengetahui: 1) Hubungan yang signifikan
antara kemandirian belajar siswa dengan aktivitas belajar kelas X pada
pembelajaran Kimia di SMA Negeri 1 Cawas tahun pelajaran 2021/2022. 2)
Kriteria kemandirian belajar siswa kelas X pada pembelajaran Kimia di SMA
Negeri 1 Cawas. 3) Kriteria aktivitas belajar siswa kelas X pada pembelajaran
Kimia di SMA Negeri 1 Cawas. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa
SMA Negeri 1 Cawas dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA
1, X MIPA 2, X MIPA 3, X MIPA 4 tahun pelajaran 2021/2022. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non tes
dengan bentuk instrumen berupa angket. Instrumen kemandirian belajar dan
aktivitas belajar disebarkan secara online melalui Google Formulir. Teknik
analisis data dilakukan melalui uji statistik dengan uji prasyarat analisis dan
uji hipotesis. Uji prasyarat analisis yang dilakukan adalah uji normalitas dan
uji linearitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji korelasi Rank
Spearman. Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1) Terdapat hubungan yang
signifikan antara kemandirian belajar dan aktivitas belajar pada pembelajaran
Kimia kelas X dengan nilai signifikasi 0,000 dan koefisien korelasinya 0,433
2) Kategori kemandirian belajar siswa kelas X pada pembelajaran Kimia
SMA Negeri 1 Cawas memiliki kategori baik. 3) Kategori aktivitas belajar
siswa kelas X pada pembelajaran Kimia SMA Negeri 1 Cawas memiliki
kategori baik.
Collections
- Chemistry Education [324]