Sintesis Nanopartikel Nikel Oksida (Nio Nps) Menggunakan Ekstrak Kulit Jeruk (Citrus Sinensis) Dan Aplikasinya Sebagai Sensor Elektrokimia Glukosa
Abstract
Glukosa (C6H12O6) merupakan sumber energi utama bagi tubuh manusia
yang diperoleh dari makanan yang mengandung karbohidrat. Kadar glukosa yang
tinggi sangat berbahaya karena dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti
tekanan darah tinggi, penyakit jantung, gangguan ginjal, diabetes melitus dan dapat
menyebabkan kebutaan hingga kematian. Diabetes melitus merupakan gejala yang
timbul pada seseorang akibat tubuh mengalami gangguan dalam mengontol kadar
gula dalam darah. Untuk mengetahui kadar glukosa darah agar tetap normal,
diperlukan alat yang dapat memantau kadar glukosa darah. Oleh karena itu, sangat
penting untuk dikembangkan metode sensor glukosa yang praktis. Pada penelitian
ini dilakukan sintesis nanopartikel nikel (II) oksida (NiO NPs) menggunakan
ekstrak kulit jeruk (Citrus sinensis) dan studinya sebagai elektrokatalis pada sensor
glukosa berbasis. Hasil karakterisasi UV-Vis menunjukkan nanopartikel Ni
memiliki panjang gelombang maksimal 328 nm, sedangkan spektra FTIR pada
403,06 cm
-1
menunjukkan serapan gugus Ni-O. Karakterisasi SEM-EDX
menunjukkan bahwa NiO berbentuk nanosponge dengan komposisi atom Ni
60,40% dan atom O 28,42% serta diperoleh ukuran kristalin sebesar 8,217 nm dari
hasil analisis XRD. Performa elektoda pasta grafit yang dimodifikasi dengan NiO
NPs diuji menggunakan CV dalam larutan NaOH 0,1 M, diperoleh hasil pengujian
yang menunjukkan puncak arus yang semakin tinggi ketika konsentrasi glukosa
semakin tinggi, dimana transfer massa dikontrol oleh difusi dengan nilai koefisien
difusi 1x10
-5
2
cm
/s. Pengujian validasi metode diperoleh rentang linieritas 0,1-1
mM dengan nilai R
2
0,998, presisi dengan nilai %RSD sebesar 2,296%, nilai LOD
sebesar 0,394 mM dan nilai LOQ 1,314 mM, nilai akurasi yang ditunjukkan oleh
%recovery sebesar 99,78% dan selektifitas yang baik ditandai dengan tidak
munculnya puncak redoks untuk pengujian asam urat.
Collections
- Chemistry Education [326]