Show simple item record

dc.contributor.advisorSekti Kartika Dini, S.Si., M.Si
dc.contributor.authorULIMAZZADA ISLAMY
dc.date.accessioned2022-09-27T07:21:34Z
dc.date.available2022-09-27T07:21:34Z
dc.date.issued2022-06-03
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/39438
dc.description.abstractBisnis retail semakin berkembang hari demi hari begitupula dengan persaingannya. Pelaku retail dengan mudah menentukan strategi yang relevan dalam penjualan produk dengan mengetahui pola belanja konsumen sehingga dapat memenangkan persaingan dalam dunia bisnis. Saat ini, Eldey berfokus pada meningkatkan penjualan dengan strategi pemasaran dari data yang didapat. Eldey memiliki data transaksi yang hanya disimpan dan belum dimanfaatkan dengan baik. Maka dari itu, diperlukan analisis pola perilaku belanja konsumen pada data transaksi untuk membantu proses pengambilan keputusan. Pada penelitian ini, metode yang digunakan yakni Market Basket Analysis (MBA) menggunakan Algoritma Apriori. Tujuannya yakni untuk mengetahui pola pembelian di Eldey dan mengetahui produk yang sering dibeli secara bersamaan pada tiap periode. Dengan parameter minimum support dan minimum confidence sebesar 0.15 dan 0.90 dihasilkan 3 rules pada bulan September, 6 rules pada Oktober, 3 rules pada bulan November dan 6 rules pada bulan Desember. Berdasarkan hasil yang didapatkan diketahui adanya variabilitas yang tinggi pada perilaku konsumen dalam pembelian produk di setiap periodenya. Oleh karena itu, dilakukan analisis lanjutan yakni Overall Variability of Association Rule Method (OVARM). Dari hasil analisis OVARM, terdapat satu rules yang selalu muncul pada tiap periodenya yakni {Chaca Matcha (WO)-10gr, Choco Blend (WO)-10gr, Strawberry (WO)10gr} dan {Koffie (WO)-10gr} yang memiliki nilai OVARM sebesar 7.5%. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk mendapatkan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan Eldey kedepannya.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAlgoritma Apriorien_US
dc.subjectMarket Basket Analysis (MBA)en_US
dc.subjectMasker Organiken_US
dc.subjectOverall Variability of Association Rule Method (OVARM)en_US
dc.titleImplementasi Market Basket Analysis (MBA) Dan Overall Variability Of Association Rule Method (OVARM) Sebagai Strategi Pemasaran Produk Eldey (Studi Kasus : Masker Organik Eldey)en_US
dc.Identifier.NIM18611128


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record