Analisis Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Citra Merek (Brand Image) UKM (Studi Kasus di UKM Jamu Jati Husada Mulya Dusun Watu, Desa Argomulyo, Sedayu Bantul, Yogyakarta)
Abstract
Corporate Social Responsibility muncul sebagai akibat adanya kenyataan bahwa perusahaan hanya mencari keuntungan semaksimal mungkin tanpa memperdulikan kesejahteraan stakeholder di sekitarnya khususnya masyarakat dan lingkungan hidup. Namun dalam realisasinya, banyak perusahaan yang menerapkan program CSR bersifat aktivitas kedermawanan (charity) dan legalitas operasi perusahaan dari pemerintah. Cara pandang sebagian besar seperti di atas perlu peluruskan dengan paradigma berfikir bahwa implementasi program CSR seharusnya sebagai kontribusi perusahaan atau dunia bisnis dalam pengembangan ekonomi yang bekelanjutan dengan menitikberatkan pada keseimbangan antara perhatian terhadap aspek ekonomi, sosial dan lingkungan untuk meningkatkan citra merek. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini yaitu dengan teknik penentuan sampel purposive sampling terhadap 100 responden menggunakan kuisioner skala likert,. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, secara simultan program CSR berupa CSR profit, CSR planet dan CSR profit berpengaruh signifikan terhadap citra merek (brand image) UKM Jamu JHM. Kedua, menunjukkan bahwa secara parsial program CSR berpengaruh positif di sektor CSR profit dan people, sedangkan sektor planet berpengaruh negative terhadap citra merek UKM jamu JHM.
Collections
- Industrial Engineering [2224]