Peran Disiplin Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Mi Negeri Semanu Gunungkidul
Abstract
Penyelenggaraan pembelajaran pada MIN Semanu Gunungkidul ini
berlatarbelakang untuk mendapatkan pembelajaran yang efektif dan efisien.
Dengan melaksanakan pembelajaran sesuai tepat waktu.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kedisiplinan guru
dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MIN Semanu Gunungkidul, selain
itu juga untuk mengetahui hasil atau prestasi yang telah didapatkan dari
kedisplinan yang telah diterapkan dan dilaksanakan di MIN Semanu
Gunungkidul.
Metode penelitian ini menggunakan metode Interview, Observasi dan Dokumentasi. Obyek penelitian ini di MIN Semanu Semanu Gunungkidul.
Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan display data, reduksi data dan verivikasi data atau kesimpulan. Untuk analisis data dalam penelitian ini adalah model analisis Interaktif Miles dan Huberman. Penulis memberikan keleluasaan kepada responden/informan untuk menyampaikan apa saja yang mereka pandang perlu untuk dikemukakan.
Setelah melaksanakan penelitian ini penulis mengambil kesimpulan tentang hasil dari penelitian ini yaitu mengenai hasil dari Manajemen Waktu, Manajemen Administrasi, dan Prestasi belajar.