Hubungan Antara Dukungan Keluarga Dengan Motivasi Belajar Siswa Sma Selama Pembelajaran Luring Di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dan
motivasi belajar pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di masa pandemi Covid19.
Hipotesis dalam penelitian ini semakin tinggi skor motivasi belajar siswa SMA
maka semakin tinggi pula dukungan keluarga. Responden penelitian ini berjumlah 195
(143 perempuan dan 52 laki-laki) yang tersebar di beberapa daerah. Alat ukur yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Motivasi Belajar yaitu Academic
Motivation Scale (AMS) dan Skala Dukungan Sosial yaitu Multidimensional Scale of
Perceived Social Support (MSPSS). Metode analisis data yang digunakan adalah
teknik korelasi Spearman’s Rho menggunakan SPSS 25.0 for mac. Hasil dalam
penelitian ini diterima dimana terdapat hubungan antara dukungan keluarga dengan
motivasi belajar siswa.
Collections
- Psychology [2174]