Analisis Penerapan Sistem Pembayaran Digital Guna Meningkatkan Penjualan Umkm Bakso Pajero Perspektif Ekonomi Islam Analysis Of Implementation Of Digital Payment Systems To Increase Sales Umkm Bakso Pajero In Islamic Economic Perspective
Abstract
Penelitian ini fokus mengkaji penerapan sistem pembayaran digital pada TBK
(Bakso Pajero) Group. Selain itu, dikaji pula pencapaian target penjualan dari aspek transaksi digital dan dianalisis dengan perspektif ekonomi islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Adapun metode pengumpulan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis secara induktif.
Berdasarkan fokus penelitian ini, didapatkan dua kesimpulan yang menjadi hasil. Pertama, alasan digunakannya sistem pembayaran digital pada UMKM TBK (Bakso Pajero) Group disebabkan masa masa pandemi covid-19. Platform digital yang digunakan yaitu, EDC (Entry Data Capture), M-Banking, dan dompet digital; OVO, GoPay, Shopee Pay, DANA. Mekanisme pembayaran digital, baik EDC, M- Banking maupun dompet digital secara sistem kerjanya melalui transfer. Metode transfer yang digunakan melalui scan kartu kredit atau debit, scan QR code (OVO, GoPay, Shopee Pay, M-Banking). Kedua, target penjualan pada masa pandemi dengan sistem pembayaran digital secara persentase tidak terlalu signifikan. Hal itu dilihat dari target harian, mingguan dan bulanan pada TBK (Bakso Pajero) Group. Ketika masa pandemi agak longgar pada tahun 2021, di capai target penjualan meningkat bahkan melebihi dari target yang ditentukan. Hal itu dapat dilihat dari indikator pertumbuhan, volume penjualan, dan laba. Walaupun secara persentase nominal tidak dapat dirincikan oleh pihak TBK (Bakso Pajero) Group, dan upaya mereka dalam meningkatkan penjualan yaitu salah satunya menggunakan promo dari pihak provider yang dianggap riba.
Collections
- Islamic Economics [827]