Daya Saing Dan Strategi Ekspor Produk Handicraft Di Pasar Ekspor Dalam Perspektif Teori Produksi Islam(Studi Kasus Cv.Palem Craft Jogja) Competitiveness And Export Strategy Of Handicraft Products At Market Export In The Perspective Of Islamicproduction Theory (Cv. Palem Craft Jogja Case Study)
Abstract
CV.Palem Craft Jogja merupakan perusahaan yang berorientasi pada pasar ekspor
dan bergerak di industri kreatif dengan menciptakan dan menjual produk
kerajinan tangan yaitu cermin, lampu hias, dan hiasan dinding lainnya. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui daya saing produk handicraft
CV.Palem Craft Jogja dipasar ekspor dan untuk mengetahui proses produksi yang
dilakukan oleh CV.Palem Craft Jogja sesuai dengan produksi islami yang berlaku
serta untuk mengetahui strategi ekspor yang dilakukan oleh perusahaan ini.
Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan
data melakukan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini
daya saing atau keunggulan kompetitif yang dimiliki CV.Palem Craft Jogja yaitu
memiliki keunikan produk yang berasal dari bahan baku alami yang hanya
dimiliki oleh Indonesia, memberikan kualitas produk terbik, menerapkan harga
produk yang sesuai, dan menerapkan produksi islami yaitu dengan melakukan
keberlanjutan alam dan memakmurakan karyawan juga mitra maupun supplier
yang tergabung dalam CV.Palem Craft Jogja. Serta strategi eskpor utama yang
dimiliki CV.Palem Craft Jogja yaitu dengan mengikuti pameran disetiap negara
maupun daerah yang menyelenggarakannya.
Collections
- Islamic Economics [826]