Penanaman Nilai-Nilai Toleransi Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sdn Kalinyamat Kulon 2 Kota Tegal
Abstract
Indonesia merupakan negara yang plural. Dikarenakan keberagaman tersebut
pastilah terdapat singgungan antar golongan yang berbeda. Untuk dapat mencegah
singgungan tersebut maka diperlukan rasa toleransi yang tinggi dalam masyarakat dan
tentunya perlu ditanamkan sejak dini kepada generasi yang selanjutnya. Sekolah
melalui Pendidikan Agama Islam diharapkan mampu menanamkan nilai-nilai toleransi
sehingga dapat menciptakan persatuan yang kokoh masyarakat di masa mendatang.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui bagaimana
penanaman nilai-nilai toleransi melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di
SDN Kalinyamat Kulon 2 Kota Tegal, dan kedua untuk mengetahui faktor pendukung
dan penghambat dalam penanaman nilai-nilai toleransi di SDN Kalinyamat Kulon 2
Kota Tegal.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berisikan penjelasan
tentang data yang diperoleh di lapangan. Terdapat tiga teknik pengumpulan data yang
digunakan pada penelitian ini, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data
yang diperoleh kemudian dianalisis dengan mereduksi data, memaparkan data tersebut,
dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa 1) dalam menanamkan nilainilai
toleransi
kepada
siswa,
guru
PAI
menggunakan
beberapa
strategi
yang
efektif,
terdapat
beberapa nilai-nilai toleransi yang diajarkan, yaitu: toleransi antar umat
beragama, toleransi antar teman, toleransi dalam menyikapi perbedaan pendapat para
ulama, serta toleransi dalam menghadapi perbedaan di masyarakat; 2) terdapat lima
faktor pendukung jalannya proses penanaman nilai-nilai toleransi yaitu: respon baik
dari siswa, dukungan masyarakat sekitar, dukungan kepala sekolah, dukungan dari
orangtua siswa, serta kondisi bangunan sekolah yang baru. Sementara itu faktor
penghambat yang ditemukan yaitu kurangnya sarana dan prasarana, letak geografis
sekolah yang dekat dengan perlintasan kereta api, kurangnya contoh nyata bagi siswa.
Collections
- Islamic Education [864]