Show simple item record

dc.contributor.advisorLukman, S. Ag., M. Pd.
dc.contributor.authorDWI NUR RAMADHANI
dc.date.accessioned2022-09-05T02:19:41Z
dc.date.available2022-09-05T02:19:41Z
dc.date.issued2022-05-31
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/38993
dc.description.abstractPada saat ini pemerintah dan rakyat Indonesia tengah gencar mengimplementasikan pendidikan karakter di berbagai institusi pendidikan, mulai dari tingkat dini hingga perguruan tinggi. Melalui pendidikan karakter yang diimplementasikan dalam institusi pendidikan diharapkan krisis degradasi karakter atau moralitas anak bangsa ini bisa segera teratasi. Diharapkan dimasa yang akan datang terlahir generasi bangsa dengan ketinggian budi pekerti atau karakter. Dengan melihat kondisi tersebut pemikiran pendidikan karakter menurut Hadhratusy Syaikh KH. Muhammad Hasyim Asy’ari sangat relevan jika pemerintah ingin menerapkan serta menjadikannya pedoman untuk pendidikan karakter bangsa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendidikan karakter menurut Hadhratusy Syaikh KH. Muhammad Hasyim Asy’ari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian kepustakaan. Suatu jenis penelitian yang digunakan dalam pengumpulan informasi dan data secara mendalam melalui berbagai literatur, buku, catatan, majalah, referensi lainnya, serta hasil penelitian sebelumnya yang relevan bertujuan untuk mengumpulkan data yang bersifat pustaka. Teknik yang digunakan dalam pengolahan data yaitu editing, organizing, dan finding. Teknik analisis data menggunakan analisis konten, analisis konten adalah suatu teknik penelitian untuk menghasilkan deskripsi yang objektif, sistematik dan bersifat kuantitatif mengenai isi yang terungkap dalam komunikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada empat metode penanaman pendidikan karakter yang diterapkan oleh Hadhratusy Syaikh KH. Muhammad Hasyim Asy’ari, yaitu metode memberi nasihat, metode motivasi, metode keteladanan, dan metode pembiasaan. Untuk pemikiran pendidikan karakter peserta didik menurut Hadhratusy Syaikh KH. Muhammad Hasyim Asy’ari ditemukan empat belas karakter yaitu, cinta terhadap ilmu, cinta kebersihan, memurnikan niat, taqwa, berperilaku qana’ah, kerja keras, bersikap wira’i, bersikap al-qowamiyah, mengurangi tidur, menghindari perbuatan kotor dan maksiat, menghormati guru, bersikap tawadhu’, berperilaku sabar dan peduli sosial.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPemikiran Pendidikanen_US
dc.subjectKarakteren_US
dc.subjectHadhratusy Syaikh KHen_US
dc.subjectMuhammad Hasyim Asy’arien_US
dc.titlePendidikan Karakter Peserta Didik Dalam Perspektif Hadhratusy Syaikh KH. Muhammad Hasyim Asy’arien_US
dc.Identifier.NIM17422144


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record