Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menerima Pembayaran Menggunakan E-Money Pada Umkm Di Yogyakarta
Abstract
Pesatnya perkembangan pengguna e-Money tentunya harus diimbangi oleh
para pengusaha untuk menyediakan layanan pembayaran menggunakan e-Money.
Seiring dengan perkembangan perangkat internet, transaksi jual beli tidak hanya
menggunakan uang tunai saja tetapi juga menerima pembayaran dengan e-Money.
Selain digunakan dalam pengujian factor yang mempunyai pengaruh pada minat
menerima pembayaran melalui e-Money pada UMKM, penelitian ini juga bertujuan
untuk mempelajari penerimaan pelaku usaha terhadap sistem transaksi dengan eMoney.
Penelitian
menggunakan metode kuantitatif dengan metode pengambilan
sampel melalui penyebaran google form secara online dengan sasaran pelaku
UMKM di Yogyakarta. Dalam penelitian ini diperoleh responden sebanyak 114
data yang telah mencukupi syarat dalam pengelolaan data. Penelitian ini
menghasilkan kesimpulan terkait dengan ekspektasi suatu kinerja serta pengaruh
dari sosial memiliki pengaruh yang positif pada minat menerima e-Money pada
UMKM di Yogyakarta, sedangkan ekspektasi dalam usaha, kondisi yang
mendukung, motivasi hedonis, dan kebiasaan tidak terjadi pengaruh yang positif
pada minat menerima e-Money pada UMKM di Yogyakarta.
Collections
- Akuntansi [4426]