Pengaruh Variasi Degree Of Availability (D.O.A) Urea Pada Proses Pack Nitriding Terhadap Sifat Fisik Dan Mekanik Dari Sprocket Drive Non Pabrik Resmi Sepeda Motor
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi degree of
availability (D.O.A) atau derajat ketersediaan media urea proses nitriding
terhadap sifat fisik dan mekanik dari sprocket non – pabrikan resmi. Penelitian ini
menggunakan metode pack nitriding (nitridasi padat). Proses pack nitriding
menggunakan pupuk urea sebagai sumber nitrogen, suhu pemanasan 550℃ dan
waktu penahanan selama 2,5 jam. Kemudian proses pendinginan menggunakan
air sebagai media pendinginan. Selanjutnya spesimen sprocket dilakukan
pengujian keausan, kekerasan, komposisi kimia, pengamatan struktur mikro dan
laju korosi. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa besarnya degree of availability
dapat mempengaruhi sifat fisik dan mekanik dari sprocket tersebut. Untuk nilai
rata - rata keausan spesifik sprocket pabrikan resmi sebesar 0,00039 𝑚𝑚
/𝑘𝑔. 𝑚
dan non – pabrikan resmi sebesar 0,00059 𝑚𝑚
3
/𝑘𝑔. 𝑚. Selanjutnya hasil
sprocket proses pack nitriding dengan variasi D.O.A 0,2 memiliki ketahanan aus
yang terbaik yaitu 0,00010 𝑚𝑚
3
/𝑘𝑔. 𝑚. Untuk nilai rata – rata kekerasan
sprocket pabrikan resmi sebesar 346,68 VHN dan sprocket non – pabrikan resmi
sebesar 266,76 VHN. Kemudian hasil nilai kekerasan paling tinggi dimiliki oleh
sprocket proses pack nitriding dengan nilai sebesar 356,18 VHN. Hasil pengujian
laju korosi sprocket dengan proses pack nitriding dan tanpa proses pack nitriding
didapat hasil excellent (sangat baik). Hasil pengamatan struktur mikro pada
sprocket dengan proses pack nitriding memiliki lapisan putih (white layer), untuk
lapisan putih paling tebal dimiliki oleh sprocket dengan variasi D.O.A 0,2 dengan
tebal sebesar 7,5 𝜇𝑚.
Collections
- Mechanical Engineering [586]