Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 1 Tahun 2021 Di Maluku
Abstract
Perilaku disiplin sudah seharusnya diterapkan pada pribadi setiap manusia begitu pula dengan mahasiswa di berbagai situasi dan kondisi, termasuk jika dihadapkan pada dua hal sekaligus yaitu menjadi mahasiswa di perguruan tinggi dan juga menjalankan kewajiban sebagai peserta dari program Kampus Mengajar. Dalam hal ini mahasiswa harus mampu mengembangkan juga menerapkan perilaku disiplin dalam belajar dengan baik serta konsisten yang mana hal tersebut merupakan salah satu faktor yang mampu meningkatkan prestasi akademik di perguruan tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ada atau tidaknya dan seberapa besar pengaruh disiplin belajar dalam mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa Kampus Mengajar angkatan 1 pada Tahun 2021 yang ada di Maluku.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek pada penelitian ini merupakan mahasiswa yang mengikuti program Kampus Mengajar angkatan 1 Tahun 2021 yang ada di Maluku, dengan teknik pengambilan sampel adalah menggunakan Random Sampling (sampel acak). Metode pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan observasi, angket dan dokumentasi sedangkan analisis data yang digunakan adalah regresi linier.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa ada atau terdapat pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa Kampus Mengajar angkatan 1 Tahun 2021 di Maluku, yang dibuktikan dengan harga sign=0,000 < 0,05 yang maknanya semakin disiplin mahasiswa maka semakin tinggi prestasi belajarnya. Adapun besarnya kontribusi faktor disiplin belajar dalam mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa Kampus Mengajar angkatan 1 Tahun 2021 yang ada di Maluku. sebesar
32,7% sementara sisanya berupa faktor lain, asumsinya adalah 67,3% berisi faktor-faktor lain seperti kecerdasan, motivasi, bakat, serta lingkungan sosial.
Collections
- Islamic Education [864]