dc.contributor.advisor | Holy Rafika Dhona, S.I.Kom., M.A | |
dc.contributor.author | MUHAMMAD NOVAN HARYA SALAKA | |
dc.date.accessioned | 2022-08-25T02:58:10Z | |
dc.date.available | 2022-08-25T02:58:10Z | |
dc.date.issued | 2022-07-22 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/38853 | |
dc.description.abstract | Media massa, dengan segala kapabilitas dan potensinya, sudah selayaknya ikut berperan serta
dalam usaha penanganan bencana yang tengah melanda dunia saat ini, Covid-19. Penelitian
ini adalah usaha untuk mengetahui bagaimana posisi masyarakat sebagai konsumen berita
koran KR, terutama dalam kerangka wacana social/physical distancing. Menggunakan
metode analisis wacana kritis model Fairclough, 5 buah teks berita dianalisis secara mikro
(analisis teks), kemudian dikaitkan dengan analisis proses produksinya, hingga akhirnya
akan dikaitkan pula dengan konteks sosial-politik dan kesejarahannya dalam ruang
Yogyakarta dalam analisis tingkat makro. Temuan dalam penelitian ini menegaskan bahwa
aspek-aspek non-teks seperti dimensi politik dan kesejarahan turut berperan dalam
menentukan bagaimana masyarakat diposisikan dalam wacana ini. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | wacana | en_US |
dc.subject | social distancing | en_US |
dc.subject | konteks sosial-politik | en_US |
dc.subject | PSBB | en_US |
dc.title | Masyarakat Dalam Wacana Social Distancing Pada Surat Kabar Lokal Jogja (Koran Kedaulatan Rakyat) | en_US |
dc.Identifier.NIM | 16321020 | |