Gim Edukasi Teka-Teki Kosakata Bahasa Arab
Abstract
Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduknya beragama Islam sehingga
bahasa Arab banyak dipelajari oleh warga negara Indonesia (Khasanah, 2016). Dalam sistem
pendidikan di Indonesia, Bahasa Arab telah dipertimbangkan sebagai salah satu mata pelajaran
bahasa asing yang dipelajari di Indonesia. Namun proses pembelajaran bahasa Arab di
Indonesia masih dijumpai sejumlah problematika, anak-anak tidak menyukai bahasa Arab
karena menganggap bahwa bahasa Arab adalah mata pelajaran yang sulit dimengerti dan
dipahami (Latifah & Aviya, 2018). Terlebih lagi bahwa alfabet yang digunakan dalam bahasa
Arab serta aturan gramatikanya yang berbeda dengan bahasa Indonesia menjadikan anak-anak
merasa terbebani untuk mempelajari bahasa Arab. Anak-anak lebih mudah dalam mengingat
suatu bentuk atau tulisan yang memiliki ciri warna, gambar, suara yang menarik dan bentuk
yang komunikatif dan menyenangkan (Sulis Purnomo, 2016). Berdasarkan hal itu, maka
peneliti akan membuat sebuah gim edukasi bahasa Arab berbasis Android yaitu Gim Teka-teki
Kosakata Bahasa Arab yang ditujukan untuk anak-anak.
Metode yang digunakan untuk mengembangkan gim edukasi adalah dengan metode
ADDIE (analisys, design, development, implementation, evaluation) dan untuk proses
perancangan desain menggunakan HIPO (Hierachy Plus Input-Process-Output). Dengan
menggunakan metode ini maka dibuatlah gim edukasi yang berisi materi tentang kosakata
bahasa Arab.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode ADDIE dapat digunakan sebagai
metode pengembangan Gim Teka-teki Kosakata Bahasa Arab. Berdasarkan hasil pengujian
pretest dan posttest pada anak-anak, ditemukan bahwa Gim Teka-teki Kosakata Bahasa Arab
ini bisa meningkatkan pengetahuan anak-anak tentang kosakata bahasa Arab. berdasarkan hasil
pengujian usability dengan menggunakan SUS (system usability scale) gim edukasi masuk
dalam ranah acceptable. Maka Gim Teka-teki Kosakata Bahasa Arab dapat diterima oleh anakanak
dengan
baik.
Collections
- Informatics Engineering [2154]