Show simple item record

dc.contributor.advisorArrie Kurniawardhani, S.SI., M.Kom.
dc.contributor.authorLALU ANDRE HUSMA
dc.date.accessioned2022-08-16T02:32:26Z
dc.date.available2022-08-16T02:32:26Z
dc.date.issued2021-12-28
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/38699
dc.description.abstractIndonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduknya beragama Islam sehingga bahasa Arab banyak dipelajari oleh warga negara Indonesia (Khasanah, 2016). Dalam sistem pendidikan di Indonesia, Bahasa Arab telah dipertimbangkan sebagai salah satu mata pelajaran bahasa asing yang dipelajari di Indonesia. Namun proses pembelajaran bahasa Arab di Indonesia masih dijumpai sejumlah problematika, anak-anak tidak menyukai bahasa Arab karena menganggap bahwa bahasa Arab adalah mata pelajaran yang sulit dimengerti dan dipahami (Latifah & Aviya, 2018). Terlebih lagi bahwa alfabet yang digunakan dalam bahasa Arab serta aturan gramatikanya yang berbeda dengan bahasa Indonesia menjadikan anak-anak merasa terbebani untuk mempelajari bahasa Arab. Anak-anak lebih mudah dalam mengingat suatu bentuk atau tulisan yang memiliki ciri warna, gambar, suara yang menarik dan bentuk yang komunikatif dan menyenangkan (Sulis Purnomo, 2016). Berdasarkan hal itu, maka peneliti akan membuat sebuah gim edukasi bahasa Arab berbasis Android yaitu Gim Teka-teki Kosakata Bahasa Arab yang ditujukan untuk anak-anak. Metode yang digunakan untuk mengembangkan gim edukasi adalah dengan metode ADDIE (analisys, design, development, implementation, evaluation) dan untuk proses perancangan desain menggunakan HIPO (Hierachy Plus Input-Process-Output). Dengan menggunakan metode ini maka dibuatlah gim edukasi yang berisi materi tentang kosakata bahasa Arab. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode ADDIE dapat digunakan sebagai metode pengembangan Gim Teka-teki Kosakata Bahasa Arab. Berdasarkan hasil pengujian pretest dan posttest pada anak-anak, ditemukan bahwa Gim Teka-teki Kosakata Bahasa Arab ini bisa meningkatkan pengetahuan anak-anak tentang kosakata bahasa Arab. berdasarkan hasil pengujian usability dengan menggunakan SUS (system usability scale) gim edukasi masuk dalam ranah acceptable. Maka Gim Teka-teki Kosakata Bahasa Arab dapat diterima oleh anakanak dengan baik.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectBahasa Araben_US
dc.subjectGim edukasien_US
dc.subjectAndroiden_US
dc.subjectADDIEen_US
dc.subjectHIPPOen_US
dc.subjectPretesten_US
dc.subjectPosttesten_US
dc.subjectSUSen_US
dc.titleGim Edukasi Teka-Teki Kosakata Bahasa Araben_US
dc.Identifier.NIM15523165


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record