Analisis Pengaruh Harga Dan Label Halal Pada Produk Makanan Dalam Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Masyarakat Desa Krandegan) Analysis On The Effects Of Price And Halal Labelling Of Packaged Food Products On Buying Decision (Case Study In Krandegan Village Community)
Abstract
Produk makanan kemasan tersebar luas di kalangan masyarakat Indonesi,
oleh karenanya penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh harga dan
labelisasi halal pada makanan kemasan (studi kasus masyarakat desa Krandegan).
Diantaranya untuk mengetahui pengaruh harga terhadap keputusan pembelian
makanan dalam kemasan, serta pengaruh labelisasi halal pada keputusan
pembelian produk makanan dalam kemasan. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui kuesioner.
Populasi penelitian ini adalah masyarakat desa Krandegan, dan sampel sebagai
responden penelitian akan diambil dengan menggunakan teknik simple random
sampling berdasarkan rumus slovin yaitu 300 responden. Analisis regresi linier
berganda digunakan untuk menguji data dalam penelitian ini dengan
menggunakan program SPSS 23.
Nilai F hitung sebesar 83,985 lebih besar dari F tabel 3,00260506, dan
nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05, menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh simultan antara harga (X1) dan label halal (X2) terhadap keputusan
pembelian produk makanan dalam kemasan, Secara parsial dapat diketahui bahwa
semua faktor independent (parsial) yaitu variabel harga (X1) sebesar 3,943 yang
lebih besar dari nilai t tabel sebesar 1,967984, dan label halal (X2) sebesar 9,149
yang lebih besar dari nilai t tabel sebesar 1,967984, berpengaruh terhadap
keputusan pembelian. Variabel yang paling berpengaruh terhadap variabel
Keputusan Pembelian menurut koefisien beta adalah variabel Label Halal yang
memiliki koefisien beta sebesar 0,478, lebih tinggi dari koefisien beta variabel
Harga yang hanya 0,206.
Collections
- Islamic Economics [826]