Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dengan Metode Jibril Pada Santri Tpq Darussalam Di Dusun Somokaton Seyegan Sleman
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an
pada santri TPQ Darussalam Dusun Somokaton, yang disebabkan beberapa hal
diantaranya guru yang kurang terampil dalam menerapkan berbagai macam metode
untuk mengajar yang sesuai dengan materi membaca Al-Qur’an dan kondisi santri.
Pemilihan metode Jibril dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an dirasa sesuai
untuk membantu para santri dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an
secara tartil dan berdasarkan kaidah tajwid. Tujuan penelitian ini adalah 1)
Mendapatkan gambaran awal mengenai kemampuan membaca Al-Qur’an sebelum
diterapkannya metode Jibril 2) Mendeskripsikan penerapan dan pelaksanaan
metode jibril dalam pembelajaran Al-Qur’an 3) Mengetahui hasil kemampuan
membaca Al-Qur’an setelah diterapkannya metode Jibril pada santri TPQ
Darussalam.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari
dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus II yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan,
observasi serta refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa metode
tes, observasi, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah
adanya peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode Jibril pada
santri TPQ Darussalam yang dibuktikan dengan pencapaian nilai kemampuan
membaca serta pemahaman materi pembelajaran Al-Qur’an yang sudah memenuhi
nilai KKM 75.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil kemampuan membaca AlQur’an
santri dengan metode Jibril terdapat peningkatan, hasil pra siklus
menunjukkan santri yang lulus sebanyak 13 santri atau 52%. Pada siklus I santri
yang lulus sebanyak 14 santri atau 56%. Sedangkan pada siklus II santri yang lulus
sebanyak 22 santri atau 88%. Hal ini dilihat dari adanya perubahan keseriusan dan
keaktifan santri dalam mengikuti proses pembelajaran.
Collections
- Islamic Education [864]