Usulan Strategi Pemasaran Pt. Perkebunan Tambi Pada Pasar Lokal Menggunakan Metode Swot Dan Blue Ocean Strategy
Abstract
Wonosobo merupakan sebuah kabupaten yang berorientasi pada pertanian dan wisata
dengan berbagai macam wisata dan produk oleh-oleh, salah satunya adalah Teh Tambi
yang terkenal bagi pelancong saat berwisata di Wonosobo,Sudah menjadi proyeksi bagi
produk Tambi untuk menjadi cenderamata. Dengan perkembangan dan kemudahan lini
teknologi saat ini diperlukannya perancangan strategi pemasaran baru, untuk
mengetahui posisi EFAS dan IFAS, sekaligus menemukan usulan strategi pemasaran
yang tepat untuk PT. Perkebunan Tambi dengan menggunakan metode perancangan
strategi Blue Ocean Strategy. Blue Ocean Strategy menawarkan suatu konsep bagiamana
sebuah perusahaan mencari daerah baru yang belum dimasuki oleh pesaing.. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan lingkungan eksternal dan internal
melalui analisis SWOT, bagaimana penerapan Blue Ocean Strategy dalam meningkatkan
penjualan dan unggul dalam bersaing, sehingga dapat diterapkan untuk kelancaran
bisnis di masa yang akan datang. Dari hasil penelitian dengan 52 responden dihasilkan
posisi perusahaan berada pada kuadran III dengan nilai pada sumbu X sebesar -0.1 dan
Sumbu Y sebesar 0.2 yang berarti perlu adanya perubahan strategi dengan terbukanya
peluang yang ada. Selanjutnya usulan kerangka kinerja empat langkah yaitu, variabel
yang harus ditingkatkan yaitu kualitas produk, iklan, tampilan perusahaan, kemudahaan
menemukan produk, dan promosi, serta faktor variabel yang diciptakan adalah
pembaharuan citra perusahaan (Re-branding), penambahan narasi pada menu produk.
Collections
- Industrial Engineering [2235]