Hubungan Minat Belajar dan Kemampuan Komunikasi dalam Pembelajaran Kimia di SMA Kolombo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kriteria minat belajar siswa; (2)
kriteria kemampuan komunikasi siswa; (3) ada tidaknya hubungan yang
signifikan antara minat belajar dengan kemampuan komunikasi siswa pada pada
pembelajaran kimia di SMA Kolombo tahun ajaran 2019/2020. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh peserta didik di SMA Kolombo. Teknik pengambilan
sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian
ini yaitu 38 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Teknik
pengambilan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik non tes dalam
bentuk angket. Angket penelitian disebarkan secara online melalui google
formulir. Data dianalisis dengan penentuan kriteria dan analisis statistika
parametrik uji pearson product moment karena memenuhi syarat uji normalitas
dan memiliki hubungan linier. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa 1) minat belajar siswa di SMA Kolombo dalam pembelajaran kimia
memiliki kriteria sangat baik; 2) kemampuan komunikasi siswa di SMA Kolombo
dalam pembelajaran kimia memiliki kriteria baik; 3) tidak terdapat hubungan yang
signifikan antara minat belajar dengan kemampuan komunikasi siswa pada
pembelajaran kimia di SMA Kolombo.
Collections
- Chemistry Education [324]