PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING TERHADAP PRESTASIBELAJAR SISWA PADA MATERI REDOKS DI SMK N 1 CANGKRINGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang
signifikan pada penerapan model problem solving dan model pembelajaran
konvensional terhadap prestasi belajar siswa ranah pengetahuan pada materi
Redoks di SMA Negri 1 Cangkringan. Desain pada penelitian ini ialah Quasi
Experimental Design, yaitu Posttest Only With Nonequivalent Grups Design.
Populasi yang digunakan pada penelitian ini ialah siswa kelas X SMK N 1
Cangkringan tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel pada
penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan
pada penelitian ini kelas X Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) 1
yang berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X Agribisnis
Ternak Ruminansia (ATR) 2 yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas
konvensional. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan tes
dengan bentuk soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat
disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada penerapan
model pembelajaran problem solving pada materi redoks terhadap prestasi
belajar siswa kelas X SMK N 1 Cangkringan.
Collections
- Chemistry Education [325]