Analisis Strategi Kreatif Konten Promosi Foodies (Studi Kasus Media BroSisPKU)
Abstract
Perkembangan era digital mengubah banyak hal, salah satunya mengubah cara
berpromosi yang mulanya menggunakan media cetak lalu bergeser ke platform digital.
Berbagai cara dapat dilakukan untuk promosi barang atau jasa, ditambah lagi sekarang sudah
banyak jasa yang menawarkan tempatnya untuk melakukan promosi. Salah satu cara ini
dinamakan dengan endorsement. Sudah banyak orang-orang yang menawarkan jasa
endorsement ini, salah satunya yaitu foodies BroSisPKU. Dalam proses marketing tersebut,
tentunya memerlukan adanya strategi yang baik dalam mempromosikan sesuatu. Untuk itu,
BroSisPKU menggunakan strategi-strategi kreatif dalam konten promosinya. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi kreatif akun @BroSisPKU dalam menarik
pembeli dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat strategi kreatif dalam
mempromosikan produk yang ditawarkan.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif,
dengan teknik sampling purposive sampling, dimana penulis melakukan wawancara kepada
narasumber yang dianggap kompeten di bidangnya, yaitu CEO dan Tim Kreatif BroSisPKU.
Teori yang digunakan penulis pada penelitian ini antara lain adalah strategi kreatif,
periklanan, endorsement, konsep mempertahankan kebudayaan, dan analisis SWOT.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi kreatif pembuatan konten
promosi yang dilakukan BroSisPKU berupa creative brief, penemuan ide, pemilihan media
promosi, penggunaan endorsement, dan penggunaan budaya lokal dalam edukasi publik.
Strategi-strategi yang dijalankan oleh BroSisPKU ini bertujuan agar kunjungan terhadap
platform-platform BroSisPKU selalu meningkat, memotivasi para audiens BroSisPKU agar
turut membantu UMKM lokal dapat berkembang, serta mengajak audiens untuk lebih peduli
dengan budaya daerah agar tidak dilupakan dan bisa dikenal oleh khalayak luas. Faktorfaktor yang mendukung dalam penerapan strategi kreatif konten promosi foodies media
BroSisPKU adalah memiliki akun media sosial Instagram dengan jumlah pengikut lebih dari
218.000, konten mengenai endorsement dan entertainment yang dapat memenuhi kebutuhan
informasi audiens, memiliki kredibilitas yang baik dalam endorsement, alat produksi yang
lengkap, mengangkat budaya lokal melalui konten edukasi, melakukan rapat setiap hari,
mempunyai ciri khas dan daya tarik tersendiri serta bisa meningkatkan perekonomian
UMKM lokal dan wisata daerah. Sedangkan faktor penghambat yang dihadapi oleh
BroSisPKU yaitu memiliki keterbatasan jarak dan waktu untuk melayani banyak klien,
banyaknya kompetitor, bencana seperti pandemi virus COVID-19 yang membuat proses
produksi menjadi terhambat.
Collections
- Communication [944]