Self Branding of Content Creator Tiktok (Studi Netnografi : Analisis Konten pada Aplikasi TikTok)
Abstract
Sebagai salah satu tempat untuk berekspresi, sosial media sebagai suatu alat untuk
berkomunikasi antar perseorangan. Tiktok adalah salah satu sosial media yang
sering digunakan oleh masyarakat. Setiap pengguna sosial media perlu
memperhatikan personal branding dirinya di dalam akun media sosialnya. Personal
branding dapat menjadi dimensi dari orang lain dalam menilai seseorang. Adanya
penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana kreator membangun self
branding pada laman akun Tiktoknya. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif
berbasis metode netnografi, peneliti terlibat langsung dalam Tiktok kreator-kreator
yang telah terpilih. Subjek dalam penelitian ini ialah kreator yang terpopuler di Indonesia
pada tahun 2020 yaitu @raishuu_, @fadlanholao, @emilmario, @alwifachry, @triarona, dan
@chikakiku. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, ada beberapa hal
yang dapat membangun self branding di Tiktok. Yang pertama yaitu memiliki
identitas yang menjadi kharakter oleh seseorang, memiliki sesuatu yang berbeda
diantara kreator-kreator lain, dan konsistensi dalam pengunggahan konten yang
serupa. Ketiga aspek tersebut dapat didukung dengan menggunakan sound yang
sedang naik daun, berkolaborasi dengan kreator lain, berinteraksi dengan audiens.
Dari aspek-aspek tersebut secara konsisten dilakukan dapat menghasilkan suatu
pekerjaan di Tiktok yaitu sebagai endorsement di Tiktok.
Collections
- Communication [949]