Show simple item record

dc.contributor.authorErnawati
dc.date.accessioned2022-08-11T01:18:30Z
dc.date.available2022-08-11T01:18:30Z
dc.date.issued2022-03-04
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/38412
dc.description.abstractFenomena transfer pricing terjadi karena motivasi manajemen untuk menghindari pajak, dalam bentuk melakukan transfer kekayaan (laba) antar pihak yang berelasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, leverage, perencanaan pajak, tunneling incentive, aset tidak berwujud, dan multinasionalitas tehadap keputusan melakukan transfer pricing. Penelitian dilakukan pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019. Sampel diperoleh dengan metode purposive sampling. Sampel yang diperoleh sebanyak 15 perusahaan dengan 5 tahun periode penelitian, sehingga dihasilkan 75 data penelitian. Berdasarkan hasil uji hipotesis dalam penelitian ini, menunjukkan bahwa (1) ukuran perusahaan berpengaruh signifikan positif terhadap transfer pricing, (2) leverage berpengaruh signifikan negatif terhadap transfer pricing, (3) perencanaan pajak tidak berpengaruh terhadap transfer pricing, (4) tunneling incentive tidak berpengaruh terhadap transfer pricing, (5) aset tidak berwujud berpengaruh signifikan negatif terhadap transfer pricing, (6) multinasionalitas berpengaruh signifikan negatif terhadap transfer pricing.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjecttransfer pricingen_US
dc.subjectukuran perusahaanen_US
dc.subjectleverageen_US
dc.subjectperencanaan pajaken_US
dc.subjecttunneling incentiveen_US
dc.subjectaset tidak berwujuden_US
dc.subjectmultinasionalitasen_US
dc.titleFAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI TRANSFER PRICING PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGANen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record