FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI TRANSFER PRICING PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN
Abstract
Fenomena transfer pricing terjadi karena motivasi manajemen untuk menghindari
pajak, dalam bentuk melakukan transfer kekayaan (laba) antar pihak yang berelasi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan,
leverage, perencanaan pajak, tunneling incentive, aset tidak berwujud, dan
multinasionalitas tehadap keputusan melakukan transfer pricing. Penelitian
dilakukan pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia tahun 2015-2019. Sampel diperoleh dengan metode purposive sampling.
Sampel yang diperoleh sebanyak 15 perusahaan dengan 5 tahun periode penelitian,
sehingga dihasilkan 75 data penelitian. Berdasarkan hasil uji hipotesis dalam
penelitian ini, menunjukkan bahwa (1) ukuran perusahaan berpengaruh signifikan
positif terhadap transfer pricing, (2) leverage berpengaruh signifikan negatif
terhadap transfer pricing, (3) perencanaan pajak tidak berpengaruh terhadap
transfer pricing, (4) tunneling incentive tidak berpengaruh terhadap transfer
pricing, (5) aset tidak berwujud berpengaruh signifikan negatif terhadap transfer
pricing, (6) multinasionalitas berpengaruh signifikan negatif terhadap transfer
pricing.
Collections
- Master of Accountancy [221]