Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Niat Penggunaan Berkelanjutan Aplikasi Jogja Smart Service (JSS)
Abstract
Penggunaan layanan e-Government secara terus menerus merupakan bukti
keberhasilan suatu sistem layanan. Kepercayaan, efikasi diri, dan kepuasan
pengguna merupakan indikator penting dalam mempengaruhi niat penggunaan
yang berkelanjutan. Menggunakan model sukses DeLone & McLean dan
ekspektasi konfirmasi model (ECM), kuesioner online disebarkan kepada 231
responden, hanya 200 responden yang memenuhi kriteria. Penelitian ini
menemukan bahwa kualitas sistem, kualitas layanan, kualitas informasi,
kepercayaan, dan efikasi diri berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan
pengguna. Dan kepuasan pengguna berpengaruh positif signifikan terhadap niat
penggunaan berkelanjutan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi
Pemerintah Kota Yogyakarta dalam mengevaluasi pelayanan pada aplikasi JSS
agar dapat lebih mengembangkan aplikasi dan menjalin interaksi yang baik antara
masyarakat dengan pemerintah. Hasil penelitian juga diharapkan dapat
mengkonfirmasi teori yang digunakan dan memperoleh temuan baru. Saran bagi
peneliti selanjutnya agar dapat menambahkan variabel lain yang tidak disebutkan
dalam penelitian ini.
Collections
- Master of Accountancy [222]