Show simple item record

dc.contributor.authorSetiawan, Rizky
dc.date.accessioned2022-08-10T04:33:38Z
dc.date.available2022-08-10T04:33:38Z
dc.date.issued2022-03-18
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/38360
dc.description.abstractPenelitian ini membahas mengenai identitas hijab yang ditampilkan pada salahsatu jenis karya audiovisual yaitu video klip musik. Hal-hal dan juga nilai yang melekat pada hijab ditampilkan secara tersurat dan juga tersirat pada beberapa adegan yang ada pada video klip-video klip tersebut. Maka dari itu, pembahasan ini cukup menarik karena pada kenyataan saat ini, penggunaan hijab tidak hanya digunakan sebagai bentuk ketaatan akan tetapi juga sebagai kepentingan bahkan keuntungan pihak-pihak tertentu. Metode yang digunakan untuk menganalisa tiap adegan pada video klip ialah adalah metode semiotika milik Roland Barthes untuk mengetahui tanda dan juga makna dari adegan yang dipilih. Terdapat tiga video klip yang digunakan sebagai objek penelitian yaitu Terlalu tinggi dari Juicy Luicy, Hijrahku dari Aci Cahaya, dam Hijab I’m in Love dari Oki Setiana Dewi dan Shindy. Paradigma yang digunakan pada penelitian ini ialah paradigma kritis. Penelitian ini menunjukkan hasil dari analisa adeganadegan pada video klip yang dipilih mengenai identitas dan juga nilai dari hijab yaitu hijab sebagai tanda hijrah, bentuk ketaatan dan keshalehan, dan hijab sebagai gaya hidup dan fashion.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectIdentitasen_US
dc.subjectSemiotikaen_US
dc.subjectHijaben_US
dc.subjectVideo Klipen_US
dc.titleHijab Sebagai Identitas pada Video Klip Musik Indonesiaen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record