Show simple item record

dc.contributor.authorPratama, Toriq Anwari Putra
dc.date.accessioned2022-08-10T03:49:32Z
dc.date.available2022-08-10T03:49:32Z
dc.date.issued2022-03-31
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/38352
dc.description.abstractPemasaran merupakan kegiatan menyeluruh dan terencana yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau institusi dalam melakukan berbagai upaya agar mampu memenuhi permintaan pasar. Disiplin dari Marketing Syariah yaitu meliputi seluruh proses, baik proses penawaran, prubahan nilai (value) proses penciptaan, tidak serta tidak boleh bertentangan dengan prinsip-prinsip dan akad muamalah. Pemasyaran Syariah juga perlu diterapkan dalam berbagai Lembaga keuangan syariah, seperti perbankan, BMT, BWM dan Lembaga Keuangan lainya. Tujuan dari penelitian ini yaitu agar mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran pembiayaan yang dilakukan kepada nasabah oleh BWM Almuna Berkah Mandiri selain itu juga mengetahui bagaimana sistematika kegiatan yang dilakukan oleh BWM dalam pemberdayaan masyarakat. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian kualitatif, data diperoleh dari berbagai sumber, dengan menggunakan Teknik pengumpulan data yang bemacam-macam (triangulasi), dan dilakukan secara terus menerus sampai datanya jenuh. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendampingan serta pembinaan halaqah yang dilakukan tiap minggunya oleh BWM yang sudah berjalan semestinya. Nasabah mengajukan pembiayaan selanjutnya pembentukan dengan sistem kelompok/rumpun dan menggunakan akad qard untuk pembiayaan pertama dan selanjutnya menggunakan akad murabahah yang dilakukan setelah naik plafon pembiayaan. Hal ini dilakukan untuk mendampingi nasabah dan memberikan ruang untuk nasabah agar bisa berbagi pengalaman usaha yang dimilki, kegiatan halmi ini juga memberikan nasabah untuk mendapatkan materi yang disampaikan oleh SPV. BWM Almuna Berkah Mandiri telah menerapkan berbagai strategi pemasaran berupa targeting, positioning dan diferensiasi dengan baik. Selain daripada itu BWM Almuna Berkah Mandiri juga telah menerapkan prinsip-prinsip dan nilai-nilai syariah berupa sidiq, amanah, tabligh dan fathanah.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPemasaranen_US
dc.subjectBank Wakaf Mikroen_US
dc.subjectHalaqah Mingguanen_US
dc.titleSTRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN DAN OPERASIONALNYA PADA BANK WAKAF MIKRO (BWM) ALMUNA BERKAH MANDIRI YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record