STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN DAN OPERASIONALNYA PADA BANK WAKAF MIKRO (BWM) ALMUNA BERKAH MANDIRI YOGYAKARTA
Abstract
Pemasaran merupakan kegiatan menyeluruh dan terencana yang dilakukan
oleh suatu perusahaan atau institusi dalam melakukan berbagai upaya agar mampu
memenuhi permintaan pasar. Disiplin dari Marketing Syariah yaitu meliputi seluruh
proses, baik proses penawaran, prubahan nilai (value) proses penciptaan, tidak serta
tidak boleh bertentangan dengan prinsip-prinsip dan akad muamalah. Pemasyaran
Syariah juga perlu diterapkan dalam berbagai Lembaga keuangan syariah, seperti
perbankan, BMT, BWM dan Lembaga Keuangan lainya. Tujuan dari penelitian ini
yaitu agar mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran pembiayaan yang
dilakukan kepada nasabah oleh BWM Almuna Berkah Mandiri selain itu juga
mengetahui bagaimana sistematika kegiatan yang dilakukan oleh BWM dalam
pemberdayaan masyarakat. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif deskriptif melalui wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian
kualitatif, data diperoleh dari berbagai sumber, dengan menggunakan Teknik
pengumpulan data yang bemacam-macam (triangulasi), dan dilakukan secara terus
menerus sampai datanya jenuh. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa
pendampingan serta pembinaan halaqah yang dilakukan tiap minggunya oleh
BWM yang sudah berjalan semestinya. Nasabah mengajukan pembiayaan
selanjutnya pembentukan dengan sistem kelompok/rumpun dan menggunakan akad
qard untuk pembiayaan pertama dan selanjutnya menggunakan akad murabahah
yang dilakukan setelah naik plafon pembiayaan. Hal ini dilakukan untuk
mendampingi nasabah dan memberikan ruang untuk nasabah agar bisa berbagi
pengalaman usaha yang dimilki, kegiatan halmi ini juga memberikan nasabah untuk
mendapatkan materi yang disampaikan oleh SPV. BWM Almuna Berkah Mandiri
telah menerapkan berbagai strategi pemasaran berupa targeting, positioning dan
diferensiasi dengan baik. Selain daripada itu BWM Almuna Berkah Mandiri juga
telah menerapkan prinsip-prinsip dan nilai-nilai syariah berupa sidiq, amanah,
tabligh dan fathanah.
Collections
- Islamic Economics [827]