Pengaruh Kepercayaan, Word Of Mouth, dan Pelayanan Online Terhadap Preferensi Muzakki Dalam Memilih Tempat Menyalurkan Zakat Mal Di Kabupaten Banjarnegara
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh dari faktor kepercayaan,
word of mouth, dan pelayanan online terhadap preferensi muzakki dalam memilih
tempat menyalurkan zakat mal di Kabupaten Banjarnegara. Survei dilakukan
kepada muzakki di Kabupaten Banjarnegara dengan menggunakan kuesioner
tertutup berbentuk google form. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu sebanyak 132 responden. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif,
analisis data dan regresi linier berganda. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini
yaitu sebagai berikut: hasil Uji t menunjukkan bahwa kepercayaan memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap preferensi muzakki dalam memilih tempat
menyalurkan zakat mal di Kabupaten Banjarnegara. Word of Mouth memiliki
pengaruh yang signifikian terhadap preferensi muzakki dalam memilih tempat
menyalurkan zakat mal di Kabupaten Banjarnegara. Dan Pelayanan Online
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap preferensi muzakki dalam memilih
tempat menyalurkan zakat mal di Kabupaten Banjarnegara. Dan dari ketiga
variabel tersebut, variabel pelayanan online merupakan variabel paling dominan
yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap preferensi muzakki dalam
memilih tempat menyalurkan zakat mal di Kabupaten Banjarnegara. Berdasarkan
hasil uji F yang telah dilakukan dalam penelitian ini, menunjukkan bahwa secara
serempak kepercayaan, word of mouth, dan pelayanan online memiliki pengaruh
yang signifikan terhadap preferensi muzakki dalam memilih tempat menyalurkan
zakat mal di Kabupaten Banjarnegara.
Collections
- Islamic Economics [827]