dc.description.abstract | Salah satu dari sekian banyak budaya yang mengakar pada bangsa
Indonesia ini adalah pakaian adat. Pakaian adat merupakan simbol kebudayaan
suatu daerah, untuk menunjukan daerah, pakaian adat bisa dijadikan simbol
tersebut. Banyaknya dan beragam pakaian adat di berbagai daerah membuat siswa
susah mengingat bentuk dan nama dari pakaian adat di berbagai daerah.
Pembelajaran dengan metode baca buku terkadang membuat siswa bosan. Hal itu
disebabkan penyampainya yang kurang interaktif, kurang menarik dan cenderung
membosankan, sehingga membuat siswa menjadi mudah lupa dengan apa yang
dipelajarinya. Maka diperlukan suatu media pembelajaran untuk mempermudah
suatu pembelajaran.
Pembuatan aplikasi tersebut menggunakan Blender 3D sebagai pengolah
model 3D, Adobe Potoshop sebagi pembuat texture, Corel Drow sebagai
pendukung pembuatan konten aplikasi, Vuvoria sebagai plugin media database
dan camera Augmented reality dan Unity 3D sebagai . Metode yang digunakan
pada penelitian ini adalah Water Fall. Hasil yang didapat dalam pembuatan
ensiklopedia ini adalah buku Magic Book yang berisi 5 halaman dan aplikasi
Augmented Reality yang dapat menampilkan pakain sehari-hari, pakaian resmi,
pakaian pengantin, dan senjata golok.
Penyajian aplikasi menggunakan perangkat berbasis Android. Hasil dari
pembuatan tugas akhir ini adalah ensiklopedia dalam bentuk buku yang
dilengkapi dengan marker untuk menampilkan pakaian serta senjata adat Betawi
untuk membuat menarik pembelajaran tentang kebudayaan Betawi. | id |